Jumput-jumput Cempedak/Pisang


Jumput-jumput Cempedak yang Siap Dimakan
Jumput/menjumput dalam kamus besar bahasa Indonesia yang berarti mengambil dengan dua ujung jari atau sejenisnya. Kata-kata atau pengertian itu sangat pas sekali untuk menggambarkan makanan yang satu ini. Karena makanan yang satu ini untuk membuatnya memang harus dijumput yang kemudian baru digoreng. Sangat menggugah selera, apalagi jika sedang musim cempedak. Maka sebagian bahkan hampir seluruh rumah membuat dan menghidangkan jumput-jumput cempedak ini. Inilah sekilas gambaran tentang jumput-jumput cempedak/pisang, makanan khas daerah Kep. Bangka Belitung.

Sore itu, kami baru sampai di Kota Belinyu setelah menikmati perjalanan yang cukup melelahkan dari Kecamatan Riau untuk menyaksikan sekalian mengabadikan moment acara pawai 17 Agustusan-an disana. Rasa lelah sekaligus lapar yang melanda membuat kami bergegas menuju dapur rumah dan terlihat sepiring gorengan diatas meja. Sekilas memang terlihat seperti begodo yang pernah diulas sebelumnya. Namun setelah didekati, dan aroma cempedak yang mulai merangsang indera penciuman ini membuat kami ingin segera menikmatinya. Tanpa pikir panjang lagi langsung ku buatkan kopi untuk teman-temanku sembari menikmati jumput-jumput cempedak yang nikmatnya tak tertahankan itu. Apalagi kala itu jumput-jumput cempedak yang tersedia diatas meja itu masih dalam keadaan panas. Nikmatnya menyruput kopi dengan cemilan jumput-jumput cempedak, apalagi dinikmati bersama teman-teman sembari bercerita kisah yang tlah lalu.

Warna kuning keemasan yg menarik, dijamin nikmat
Jumput-jumput ini terbuat dari campuran gandum dengan air dan sedikit garam yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah adonan. Setelah itu campur dengan pisang ataupun cempedak dan diremas-remas hingga hancur tak berbentuk lagi. Barulah kemudian dijumput satu persatu dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan dan siap untuk disajikan serta dinikmati bersama. Dan beginilah cara sederhana yang dilakukan warga Bangka Belitung untuk kumpul bersama keluarga, teman, kerabat menikmati saat-saat santai mereka.

Jika Anda ingin mencicipi cemilan ala masyarakat Kep. Bangka Belitung ini, datanglah ke pulau kami ini pada saat musim cempedak. Karena lebih nikmat jumput-jumput cempedak ketimbang jumput-jumput pisang. Jumput-jumput pisang hanya akan berasa seperti pisang goreng biasa. Jika Anda mencarinya di warung ataupun rumah makan mungkin Anda tidak akan menemukan cemilan ini. Lebih baik Anda punya kenalan orang Kep. Bangka Belitung asli dan pasti Anda akan disuguhkan dengan jumput-jumput cempedak jika pas lagi musim berbuah cempedak. Makanan sederhana namun nikmat dan yang pasti berkesan, sekali coba pasti mau lagi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.