Godo-Godo/Begodo Udang Serum


Begodo Udang Serum
Terdengar aneh jika belum pernah melihat dan merasakan yang bernama Begodo ini. Ya, begodo adalah salah satu makanan khas dari Bangka khususnya daerah Belinyu. Namun jika Anda sudah pernah mencicipi yang bernama begodo ini, pasti tidak pernah melupakan penganan khas ini. Makanan olahan begodo ini bermacam-macam sesuai dengan bahan yang digunakan seperti begodo udang serum yang bahannya udang serum (Udang Rebon.red*), begodo bilis yang bahannya ikan bilis (sejenis ikan teri), ataupun begodo biasa yang hanya terdiri dari campuran bawang merah dan bawang putih. Namun berbeda lagi namanya jika di daerah lain, ada yang menyebutnya "Gudo-Gudo/Godo-Godo", ada lagi yang memanggilnya "Gegudo", dan ada pula yang menamakannya "Mpek-Mpek Dos". Namun meski berbeda nama tapi tetap 1 makanan khas daerah Bangka yang sangat lezat.
Begodo ini semacam gorengan, jika di seputaran pulau jawa mungkin namanya bala-bala. Bahan utamanya adalah gandum yang di olah dengan campuran bawang merah, sedikit bawang putih dan campuran lainnya seperti udang serum ataupun ikan bilis. Kebetulan yang ada saat ini adalah begodo dengan campuran udang serum. Udang serum (Udang Rebon.red*) ini sendiri banyak dapat dijumpai di pasar ataupun ada yang berjualan dari rumah ke rumah. Setelah di campur dan di aduk secara merata barulah begodo ini di goreng hingga berwarna coklat keemasan dan siap disajikan serta dinikmati.

Cecel Cuka (Cocolan) untuk menikmati begodo
Begodo ini akan lebih terasa nikmat jika disantap masih dalam keadaan hangat serta dengan kuah atau cuka yang biasa menjadi cecel (Cocolan.red*) kelesan (Pempek.red*). Cuka ini dibuat dengan campuran cabe rawit, bawang merah, bawang putih di haluskan menjadi satu kemudian di campur dengan air dan perasan jeruk kunci (Sejenis jeruk purut.red*). Sangat pas dan terasa nikmat sekali, apalagi jika dinikmati bersama keluarga dan teman-teman di kala santai menikmati hari. Meskipun sederhana, penganan ini mampu membuat kita ketagihan dan ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Begodo, aneh namanya namun lezat dan nikmat disantap baik pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Tak jarang beberapa ibu-ibu rumah tangga menyediakan penganan ini untuk sarapan ataupun sekedar cemilan disaat santai. Jika Anda tertarik dan ingin menikmati penganan ini yang harus Anda lakukan adalah mencari kenalan ataupun sekedar mampir kerumah-rumah penduduk disana, dan minta dibuatkan begodo ini. Karena setahu kami tidak ada yang menjual penganan ini. Penganan ini hanya untuk kalangan keluarga saja yang sekedar ingin menikmati cemilan ala Pulau Bangka sambil kumpul-kumpul bersama keluarga.
Inilah Begodo yang sudah siap untuk dinikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.