Pawai Baris Berbaris (Kota Belinyu)


Kemeriahan Pawai Baris-berbaris di Kota Belinyu.
Setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan negara kita tercinta Republik Indonesia. Dari mulai memasuki bulan agustus yakni tanggal 1 Agustus kita sudah mulai memasang atribut-atribut kemerdekaan, dimana saja mulai dipasangi atribut-atribut kemerdekaan ini. Antara lain atribut itu berupa bendera Merah Putih, lambang Garuda, dan pernak-pernik kemerdekaan lainnya.

Begitu juga dengan peringatan 17 Agustus di wilayah Kota Belinyu. Dari tanggal 1 Agustus di sepanjang jalan sudah terpasang umbul-umbul, Sang Merah Putih telah dikibarkan, serta pernak-pernik lainnya. Kota ini akan dipenuhi oleh berbagai atribut kemerdekaan yang membuat semarak.

Instansi BKPRMI yang turut meramaikan acara Pawai ini.
Sama seperti di kota lain, di kota Belinyu ini juga ada yang namanya acara Pawai Baris Berbaris untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini. Dari mulai tanggal 1 Agustus, para peserta yang kebanyakan adalah para siswa SD, SMP, dan SMA sudah mulai menjalani latihan baris berbaris untuk ikut berpartisipasi dalam acara Pawai Baris Berbaris. Tak ketinggalan juga peserta umum (Komunitas, Kelompok, Instansi, dll) yang juga ingin berpartisipasi dalam acara pawai ini.


Meski diguyur hujan lebat, para siswa-siswi tetap semangat.
Acara ini biasanya diperingati pada tanggal 17 - 18 Agustus, namun tahun kemarin di adakan pada tanggal 4 - 5 Agustus karena pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun Hijriah. Dilaksanakannya acara pawai ini pada tanggal 4 - 5 Agustus karena pihak penyelenggara kasihan melihat para siswa jika diharuskan ikut pawai ini sambil berpuasa. Tahun sekarang kurang tahu juga kapan akan dilaksanakannya, atau malah tidak diselenggarakan. Kita lihat saja nanti bersama-sama.

Setiap tahunnya yang menyabet juara biasanya dari kategori SMA yaitu SMA N 1 Belinyu, kategori SMP yaitu SMP N 1 Belinyu, dan kategori SD yaitu SD N 56 Belinyu (Sekarang SD N 1 Belinyu). Kalau kategori umum tergantung kreatifitas dari para partisipan. Dari kategori umum biasanya yang sering berpartisipasi adalah ibu-ibu PKK, ibu-ibu pengajian, dan para partisipan lainnya.

Keseragaman juga dinilai dalam acara Pawai ini.

 Pihak panitia sudah menyediakan beberapa juri yang di tempatkan di lokasi yang agar tersamarkan supaya para partisipan tetap fokus dalam mengikuti Pawai ini. Adapun penilaian yang akan dinilai dari pawai ini seperti kerapian, sikap, keserasian, keindahan, dan lain lagi. Berikut beberapa foto dari beberapa siswa dari berbagai sekolah di Kota Belinyu.


Siswa SMP yang turut meramaikan acara ini dengan rapi.

Siswa SMK YPN, SMK swasta di Kota Belinyu

Siswa SMA negeri yang tergabung dalam OSIS.

Siswa SMK YAPENKOS, atau biasa disebut SMEA.
Lalu siapakah yang akan menjuarai Pawai Baris-berbaris tahun ini? Atau malah tidak di selenggarakan acara Pawai Baris-berbaris ini mengingat bulan Agustus bertepatan dengan bulan Ramadhan? Kita lihat dan tunggu saja, sebab gosip yang saya dengar tahun ini tidak akan di selenggarakan acara-acara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.