Sekilas Tentang Pangkalpinang (Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

Pangkalpinang adalah salah satu kota otonomi yang terdapat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kota ini menjadi pusat pemerintahan, pusat bisnis/perdagangan, dan segalanya berpusat di kota Pangkalpinang ini. Kota ini terletak disebelah timur pulau Bangka dan berada pada garis 106° 4´ sampai dengan 106° 7´ Bujur Timur dan garis 2° 4´ sampai dengan 2° 10° Lintang Selatan dengan luas daerah seluruhnya 118,40 Km² (berdasarkan PP No.79 Tahun 2007). Sebagai pusat pengembangan wilayah Bangka Belitung dalam perkembangan selama beberapa tahapan pembangunan, Kota Pangkalpinang telah mengalami beberapa kemajuan yang cukup pesat sehingga  untuk mengatasi kebutuhan akan tanah perkotaan, wilayah seluas 31,70 Km²  telah dikembangkan menjadi 89,40 Km². Dan pada akhir tahun 2007 telah berkembang menjadi 118,4 Km². Wilayah yang dulu hanya 4 (empat) kecamatan seiring otonomi daerah, pada tahun 2000 telah berkembang menjadi 5 (lima) kecamatan sehingga secara keseluruhan bagian dari wilayah kota Pangkalpinang terdiri dari 35 kelurahan. Dan pada akhir 2007  bertambah 1 daerah lagi yang bergabung dengan Kota Pangkalpinang hingga Juni 2008 statusnya masih desa (kelurahan persiapan) yaitu Desa Selindung.

 Kota Pangkalpinang sendiri terdiri atas 5 kecamatan :
  1. Bukit Intan
  2. Gerunggang
  3. Pangkal Balam
  4. Rangkui
  5. Taman Sari
  6. Giri Maya
Kota Pangkalpinang ini juga terkenal dengan pariwisatanya. Banyak objek wisata di kota ini yang bisa Anda kunjungi. Dari mulai wisata pantai, kuliner, sejarah, budaya, Agama dan lain-lain. Pariwisata yang ada di kota ini juga sudah tertata rapi dan dikelola dengan baik. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Taman Sari
  2. Taman Merdeka
  3. Museum Timah
  4. Masjid Jami'
  5. Gereja Maranatha
  6. Gereja Katedral Pangkalpinang
  7. Vihara Citra Maitreya
  8. Klenteng Konghucu
  9. Pantai Pasir Padi
  10. Pantai Sampur
  11. Lapangan Golf Girimaya
  12. Chinatown
  13. Makam Belanda (Keerkhof)
Transportasi untuk menuju kota ini juga sudah sangat lengkap. Bandara Depati Amir juga berada di Kota Pangkalpinang ini jika Anda ingin menuju Pulau Bangka menggunakan pesawat terbang. Pelabuhan Pangkalbalam yang juga berada di Ibukota Bangka Belitung ini. Transportasi untuk menuju kota ini antara lain sebagai berikut :
  1. Bus Belinyu - Pangkalpinang (Lewat Sungailiat)
  2. Bus Sungailiat - Pangkalpinang
  3. Bus Pangkalpinang - Muntok
  4. Bus Pangkalpinang - Toboali
  5. Bus Pangkalpinang - Koba
  6. Alternatif lainnya bisa mengikuti jalur yang tersedia
               - Wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.