Sekilas Tentang Sungailiat @ . : PLAT BN UNITED : .

Minggu, 04 Desember 2011

Sekilas Tentang Sungailiat

Logo Kabupaten Bangka
Sungailiat adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bangka. Di Sungailiat ini pula pusat pemerintahan Kabupaten Bangka bertengger karena kota ini sebagai Ibukota Kabupaten Bangka. Kota ini merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia. Kota ini pernah beberapa kali menyabet piala ADIPURA yaitu penghargaan atas kota terbersih kategori kota kecil pada tahun 1997, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010. Motto kota ini adalah "BERTEMAN" yang merupakan singkatan dari Bersih, Tertib dan Aman. Motto itu sesuai untuk menggambarkan keadaan kecamatan ini. Kecamatan Sungailiat mempunyai luas wilayah sebesar 147,985 Km², yang terdiri dari 6 Kelurahan dan 1 Desa yaitu :

  1. Kelurahan Kenanga dengan luas 26,000 Km²
  2. Kelurahan Parit Padang dengan luas 43,000 Km²
  3. Kelurahan Srimenanti dengan luas 3,405 Km²
  4. Kelurahan Sungailiat dengan luas 15,500 Km²
  5. Kelurahan Kuday dengan luas 5,750 Km²
  6. Kelurahan Sinar Baru dengan luas 35,330 Km²
  7. Desa Rebo dengan luas 19,000 Km²
Sungailiat ini juga merupakan kota tujuan wisata di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Banyak tujuan tempat wisata di kota ini yang sudah dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Yang menjadi unggulan kebanyakan adalah wisata pantai. Tempat-tempat wisata itu antara lain adalah :
  1. Tanjung Pesona
  2. Pantai Parai Tenggiri
  3. Pantai Matras
  4. Pantai Rebo
  5. Pantai Teluk-Uber
  6. Pantai Batu Bedaun
  7. Pemandian Air Panas Pemali
  8. Dll
Transportasi untuk menuju ke kecamatan ini pun terbilang cukup lengkap. Namun, seperti yang sudah pernah di ulas sebelumnya, jika ingin berwisata atau jalan-jalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini akan lebih baik dan lebih mudah jika Anda menyewa atau memiliki kendaraan pribadi. Karena angkutan kota yang ada di kecamatan ini sebagian tidak akan membawa anda ke lokasi tempat wisata yang hendak Anda tuju. Transportasi untuk menuju kecamatan ini antara lain :
  1. BUS jurusan Pangkalpinang - Belinyu
  2. BUS jurusan Pangkalpinang - Sungailiat
  3. Minibus jurusan Pangkalpinang - Sungailiat
  4. Minibus Damri Jurusan Bandara Depati Amir - Belinyu
  5. Untuk alternatif lainnya bisa mengikuti jalur yang tersedia
Sumber Data : - Website Pemerintah Kabupaten Bangka
                       - Wikipedia


Share/Bookmark

Baca Juga Artikel Lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar