PELABUHAN BELINYU

Gerbang Pelabuhan Belinyu
Pelabuhan Belinyu merupakan salah satu sarana transportasi yang ada di Kota Belinyu. Pelabuhan ini terletak di Tanjung Gudang Belinyu, oleh karena itu orang sering menyebutnya Pelabuhan Tanjung Gudang. Kapal penumpang dari P.T Pelni yang masuk ke pelabuhan ini antara lain seperti KM Bukit Raya dan KM Sirimau. Dulu sempat masuk juga KM Mabuhay Nusantara dari PT Prima Vista dan KM Leuser. Namun kami kurang tahu alasannya mengapa kapal yang satu ini menghentikan pelayarannya untuk singgah di Pelabuhan Belinyu. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan baru yang di bangun untuk menggantikan pelabuhan lama yang masih menggunakan bahan kayu.




Pengunjung Sedang Memancing

Di Pelabuhan Belinyu ini biasa dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk memancing dan bagi remaja sering dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong. Biasanya akan ramai pengunjung pada saat sore hari, apalagi hari itu sabtu sore ataupun minggu sore. Ada yang memancing, nongkrong, sekedar melihat pemandangan, ataupun sedang mencari temannya. Ada pula yang bermain sepak bola di area parkir pelabuhan ini. Lain lagi bagi sekelompok warga lainnya yang mandi di perairan ini, namun sangat berbahaya mandi di sekitar pelabuhan ini karena airnya yang dalam dan gelombangnya juga lumayan besar. Hanya yang sudah terbiasa dan sudah profesional dalam renang yang biasanya mandi di pelabuhan ini.

Seperti kebanyakan Pantai di daerah Belinyu, dari pelabuhan ini pun Anda bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Seperti halnya di pantai-pantai lainnya, tentu saja harus ada dukungan cuaca untuk menyaksikan sunset disini. Cobalah datang sekitar pukul 18.00 ke pelabuhan ini dengan cuaca yang cerah, disitu Anda akan menyaksikan tenggelamnya matahari mengakhiri petang hati itu. Berikut Saya tampilkan sunset yang pernah kami dapat ketika cuaca lumayan cerah di pelabuhan ini.
Sunset di Pelabuhan Belinyu
Pelabuhan ini sebenarnya memiliki potensi lebih jika dibandingkan dengan Pelabuhan Pangkal Balam yang berada di Ibukota Pangkalpinang. Perairan Pelabuhan Belinyu langsung menuju Laut Cina Selatan yang perairannya dalam, berbeda dengan Pelabuhan Pangkal Balam yang perairannya dangkal sehingga harus menunggu air pasang baru kapal-kapal penumpang dan kapal barang beroperasi serta dapat keluar masuk Pelabuhan Pangkal Balam ini. Sedangkan di Pelabuhan Belinyu bisa beroperasi kapanpun bahkan pada saat air laut benar-benar surut sekalipun. Jika bisa dikembangkan lagi sesungguhnya pelabuhan ini bisa saja menjadi pelabuhan-pelabuhan besar, bukan hanya sekedar tempat transit kapal-kapal penumpang yang akan melanjutkan tujuannya. Gambar berikut ini adalah salah satu kapal penumpang KM Bukit Raya dari pelayaran Indonesia yaitu P.T Pelni yang singgah di Pelabuhan Belinyu.
KM Bukit Raya yang singgah di Pelabuhan Belinyu


2 komentar:

  1. Terima kasih informasi ini, saya adalah calon penumpang Kapal Laut, yg saya kuatirkan pertama adalah jangan2 nanti kalau mau naik kapal harus naik tongkang dulu. soalnya saya bawa anak kecil.tapi alhamdulillah penulis sebutkan walaupun air dalam kondisi surut, kapal tetap dapat berlabuh.

    Thanks

    amirudin
    Kurau

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali atas komentarnya..
    Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua. Benar sekali, belum pernah ada kejadian harus naik tongkang dulu untuk menuju kapal penumpang. Sebab di pelabuhan Belinyu ini kapal Besar sekalipun bisa berlabuh meski air laut dalam kondisi surut jauh (Benar-benar surut).

    Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan Selamat sampai tujuan..

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.