Pantiaw (Makanan Khas Bangka)


Pantiaw Beras
Pantiaw merupakan salah satu makanan khas daerah Bangka. Seringkali menjadi sarapan masyarakat sekitar atau sekedar untuk mengganjal perut kita yang kelaparan. Rasa yang sangat khas ini sangat menggugah selera kita untuk ingin terus dan terus menyantapnya. Biasanya makanan ini dijual dari subuh hingga siang hari. Harganya pun lumayan murah per porsinya kurang lebih Rp. 1.000,- pas untuk ukuran kantong.

Pantiaw ada dua jenis, yaitu Pantiaw Gandum dan Pantiau Beras. Pantiaw Gandum bentuknya hampir sama dengan mie biasa namun cara penyajian dan pembuatannya saja yang sedikit berbeda. Sedangkan Pantiaw Beras terbuat dari tepung beras dan pembuatannya pun cukup rumit, karena masih secara manual. Pantiaw Beras ini kalau di Pulau Jawa namanya kwetiaw. Bentuknya pun mirip sekali, namun sekali lagi cara penyajiannya yang berbeda.

Pantiaw Gandum
Penyajian Pantiaw satu porsinya ditambahkan bumbu diatasnya. Bumbunya berupa ikan yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyedapkan Pantiaw ini. Setelah itu ditaburkan dengan bawang goreng untuk menambah rasa lezatnya. Tinggal seduh dengan air panas atau menggunakan kuah bakwan kita sudah bisa menikmati Pantiaw ini.

Untuk menikmati Pantiaw ini kita bisa membelinya di warung-warung yang menyediakan Pantiaw ini. Atau Anda bisa memesannya langsung ke pembuatnya. Pembuatnya bisa Anda temukan di Jln. Kartini, Kampung Sungai Ketok, Jln. Yos Sudarso, dan masih banyak lagi yang lainnya di seputaran Kecamatan Belinyu. Untuk harganya kurang lebih Rp. 20.000,-/Kg*. Jika Anda berminat untuk mencicipinya, Anda bisa memesannya disini. Namun Pantiaw ini tidak bisa bertahan lama, sehingga pengirimannya harus cepat. Paling lama 2 hari, dan bumbunya akan basi jika lebih dari 2 hari. Namun akan kami usahakan untuk mengirimnya dengan secepat mungkin. Untuk itu konsultasikan dengan kami terlebih dahulu untuk lokasi Anda berada sehingga pesanan Anda tidak sia-sia. Silahkan kirim lewat email kami di admin@platbn.com  atau juga bisa hub. 0852 6870 3493 tentang oleh-oleh yang ingin anda pesan ataupun konsultasi serta pertanyaan.

*Harga sudah termasuk bumbu serta bawang goreng dan bisa berubah sewaktu-waktu. Kami akan berusaha untuk memperbaharui harga yang berlaku secara berkala.
*Harga belum termasuk ongkos kirim via JNE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.