Bakwan (Makanan Khas Bangka)


Bakwan begitulah panggilan sehari-harinya. Bakwan disini bukanlah seperti bakwan pada umumnya yang dikenal banyak orang. Karena bakwan yang satu ini bukan termasuk dalam kategori gorengan. Akan tetapi bakwan disini adalah makanan berkuah yang terbuat dari Kelesan (Pempek) yang berkuah. Kuahnya pun memiliki rasa yang khas karena rempah-rempah yang digunakan sesuai dengan daerah ini seperti lada dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga sangat pas sekali dengan ukuran kantong yang tipis. Untuk menikmati bakwan ini, Anda cukup merogoh koncek (Saku) sekitar Rp. 500 hingga Rp. 1.000 per buah. Anda bisa memilih porsi anda sendiri karena harga yang ditawarkan per buah bukan per porsi.

Bakwan juga termasuk makanan khas daerah Bangka sama seperti Pantiaw. Penganan ini biasanya tersedia diwarung atau dijajakan penjual di pagi hari hingga sore hari. Bakwan biasanya disuguhkan dengan pantiaw supaya lebih nikmat. Pembuatan Bakwan hampir sama dengan Kelesan (Pempek). Namun pada bagian akhir penyajiannya yang  berbeda. Karena Bakwan yang telah direbus dalam ukuran kecil dibandingkan Kelesan (Pempek), setelah masak bakwan diangkat. Kemudian Bakwan ini direbus kembali dalam air panas yang telah diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, cabai, garam, dan penyedap rasa yang telah di campurkan serta dihaluskan. Setelah itu baru dimasukkan daun seledri dan bawang goreng sebagai penambah rasa.
Bakwan dengan rasa yang khas dan sangat enak untuk disantap sehari-hari ini membuat lidah kita terasa bergoyang saat menyantapnya. Penganan yang satu ini enak disantap untuk sarapan pagi. Namun tidak menutup kemungkinan disantap siang hari juga nikmat. Bakwan ini sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Bangka. Jajanan ini juga menjadi jajanan favorit kami disaat santai.
Untuk mencicipi atau mencoba penganan yang satu ini Anda bisa menemukannya di Kampung Padang Lalang (Jln. Yos Sudarso), Jln. Pahlawan 12, dan warung-warung lain yang tersebar di Kecamatan Belinyu. Ada juga yang menjajakannya berkeliling, jadi Anda tinggal menunggu di rumah saja dan penjual akan datang ke rumah-rumah menawarkan jajanannya dengan meneriakkan kata-kata "Baakkwwaaannn, Baakkwwaannn...".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.