Lempah (Makanan Khas Bangka Belitung)


Ikan Kepetek yang di Lempah Kuning (Lempah Nanas)
Lempah adalah panggilan masyarakat Bangka Belitung pada sebuah makanan khas mereka yang bahan utamanya kebanyakan terdiri dari sayur-sayuran. Lempah ada berbagai macam seperti Lempah Kuning (Lempah Nanas), Lempah Darat, Lempah Kedondong, dan lain-lain. Lauk makan dengan aroma dan rasa yang khas membuat lidah tak berhenti berdecap untuk terus menikmati masakan ini.

Lempah ini sendiri sudah cukup terkenal dikalangan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Istilahnya belum wisata ke Pulau Bangka Belitung jika belum menikmati masakan yang bernama lengkap Lempah Kuning ini. Sekarang sudah banyak stasiun televisi yang mengupas dan mencoba mengenalkan masakan yang satu ini ke penjuru Nusantara. Alhasil, banyak juga para wisatawan yang tertarik dan ingin mencicipi kuliner yang satu ini.

Daging Sapi yang di Lempah Kedondong
Lempah ini terbuat dari sedikit campuran air asam, ditambah dengan bumbu-bumbu yang telas dihaluskan dan ditambah dengan bahan utamanya seperti nanas, kedondong dan lain-lain. Ikan adalah yang paling sering dijadikan lempah. Ikan-ikan itu antara lain ikan Tenggiri, ikan Kembung, ikan Kerisi, dan lain-lain. Namun lain lagi halnya jika lempah itu adalah lempah kedondong. Lempah kedondong biasanya dimasak dengan daging sapi atau daging ayam dan bukan ikan. Lempah kedondong ini biasa ditemukan jika menjelang Hari Raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Sesuai dengan namanya, lempah kedondong merupakan campuran daging yang dimasak dengan daun kedondong untuk menciptakan rasa sedikit asam. Lain lagi dengan Lempah Darat yang isinya 100% sayur-sayuran. Komposisi Lempah darat ini biasanya campuran batang keladi, umbi keladi, terong, dan sayuran lainnya yang kebanyakan berasal dari hutan.

Lempah Darat Bangka (Gambar diambil dari Blog MenujuHijau)
Dikutip dari dari www.detikFood.com. "Biasanya, untuk lempah darat rempah-rempahnya lebih pekat, agar kuahnya terasa lebih gurih. Ada pula yang menambahkan santan. Bila sayurnya hanya semata-mata jamur, maka masakannya disebut lempah kulat. Di Bangka ada kulat pelawan (jamur yang tumbuh di pohon pelawan) yang istimewa dan mahal harganya. Bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta per kilogram. Lempah kulat wajib dimasak dengan santan."

Lempah, begitulah namanya yang begitu terkenal dan di-claim masyarakat Bangka Belitung sebagai masakan khas daerahnya. Namun di Belitung lain lagi namanya, yaitu Gangan atau Gangan Ketarap. Begitulah, meskipun berbeda nama namun tetap satu Lempah. Jika Anda ingin mencicipi masakan ini Anda harus datang ke Bangka Belitung dan cari warung yang menyediakan masakan Khas Bangka dan Anda pasti akan menemukan masakan ini.

"Ambik belacin garem cabik kecit,
kite ngelempah, kite ngelempah lempah daret,
pucuk idat alar keladi hai lempah daret"
(Lirik Lagu Yok Miak, Bangka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.