Menyibak Eksotika Mantung (Kota Belinyu)


Patung Jalesviva Jayamahe di Pertigaan Mantung dan Pelabuhan Belinyu.
Mantung merupakan nama sebuah tempat dimana dulunya terdapat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) terbesar se-asia yang terletak di Kecamatan Belinyu. Lokasinya bersebelahan dengan Pelabuhan Belinyu. Disini juga tempat bongkar muat batubara yang didatangkan lewat kapal tongkang dari Muara Enim Palembang. Batubara ini pula yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk memanaskan air di Boiler sehingga mengahasilkan uap. Uap ini kemudian di gunakan untuk menggerakkan Turbin lalu memutar dinamo sebagai pembangkit listrik.


Tiang Transmisi listrik dari Mantung menuju Parit Tiga Jebus.
Dari PLTU Mantung ini pula seluruh kebutuhan listrik yang ada di seluruh kepulauan Bangka berasal. Di pulau ludai dibangun sebuah tiang transmisi untuk menghantarkan listrik ke daerah parit tiga jebus. Namun sekarang tiang transmisi itu sudah di bongkar dan sudah tidak dipergunakan lagi karena sekarang PLTU Mantung ini sudah tidak beroperasi lagi. Sekarang pulau ludai ini sering di gunakan warga setempat sebagai lokasi memancing ikan.

Baiklah, cukup sudah cerita tentang Mantung. Jika Anda tetap ingin tau lebih banyak tentang Mantung ini silahkan kunjungi blog KOTA BELINYU (nostalgia sebuah kota kecil). Sekarang mari kita lihat sisi baik dari Mantung ini. Memang bagi beberapa fotografer dan penikmat alam, Mantung yang suram ini pun bisa menjadi menyenangkan. Sungguh indah pemandangan yang ada di Mantung ini bila kita bisa melihat beberapa sisi terbaiknya. Dari Mantung ini pun kita bisa menyaksikan sunset disore hari jika cuaca sedang cerah. Atau bisa juga kita menikmati alam di Mantung ini dengan memancing di pulau ludai. Potensi ikan yang ada di Pantai Mantung ini pun tak kalah menarik dibandingkan dengan tempat lain.

Coba saja Anda perhatikan foto dibawah ini. Ini merupakan hasil jepretan seorang fotografer dari Belinyu. Foto ini diambil dari blog pribadinya. Sungguh indah Mantung ini jika Anda bisa melihat sisi baiknya. Fotografer selalu bisa melihat sisi indah suatu hal melalui mata kameranya, sehingga bisa dinikmati oleh semua.

Sunset Pantai Mantung, Disadur dari blog pribadi seorang Fotografer asal Kota Belinyu.
Pantai Mantung hasil jepretan mata Fotografer yang berasal dari Kota Belinyu.


Sekarang Anda sudah melihat beberapa hasil jepretan yang sangat eksotik dan sungguh indah ini. Sekarang mari kita lihat lagi beberapa pemandangan yang tak kalah menariknya. Kali ini berasal dari Fotografer yang lain lagi, tentunya tetap berasal dari Kota Belinyu juga. Fotografer ini merupakan fotografer Plat BN United, beberapa foto yang ada di blog ini merupakan hasil jepretan mata fotografer ini. Fotografer ini mengambil suasana malam Mantung ini sebagai objeknya adalah kapal keruk PT.Timah tbk yang beroperasi disekitar Mantung ini.

Suasana sunset di Crane Mantung, tempat bongkar muat batubara dari Muara Enim Palembang.

 
Suasana Kapal Keruk pada malam hari di Mantung.
Sisa bangunan PLTU Mantung yang bersejarah di Kota Belinyu
Nah sekarang Anda sudah menyaksikan betapa indahnya Mantung ini dari beberapa sudut. Silahkan Anda nilai sendiri, Apakah Mantung ini tetap indah dimata Anda? Atau mungkin malah terlihat jelek dan rongsok dimata Anda. Terserah Anda, penilaian tiap orang berbeda-beda dan yang paling penting hargai perbedaan.

Sumber :
  1. KOTA BELINYU (nostalgia sebuah kota kecil)
  2. AdhieStudio

3 komentar:

  1. klu bisa foto2 nya diperbanyak lagi ya..pasti lebih asikk...karena bangka punya sejuta pesona yg menarik dan unik..terutama tuk kota kelahiranku BELINYU....I always..miss and love you....my island..

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk komentarnya.. Akan kita usahakan untuk menambah lagi koleksi foto nya.. Akan kita coba untuk menebarkan pesona Bangka agar lebih melebar ke seluruh nusantara bahkan dunia.. :D

    BalasHapus
  3. Cek, sayo minta foto-foto mantung ni yo? untuk di jadiken bahan Artikel tentang mantung, boleh dak cek?

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.