PANTAI ROMODONG


Pantai Romodong merupakan salah satu pantai yang terletak di Bagian Utara Pulau Bangka, lebih tepatnya terletak di kecamatan Belinyu. Pantai yang satu ini sangat indah dan menarik jika bisa di kelola dengan baik. Namun sayangnya pantai yang satu ini sudah tidak begitu terurus lagi. Padahal dari pantai ini kita bisa melihat sunset di sore hari jika cuaca mendukung. Di pantai ini pun sangat asyik untuk bersantai, rekreasi bersama keluarga, dan bagi penikmat panorama alam serta bagi yang hoby memancing.

Gerbang masuk menuju Pantai Romodong
Pasir putih menghampar di sepanjang pantai ini, riak ombak yang tenang membuat Pantai Romodong ini mempunyai daya tarik tersendiri. Mandi air laut di pantai ini sangat menyenangkan karena Anda tidak perlu khawatir akan gelombang ataupun palung. Pasir yang menghampar di pantai ini landai dan tidak menukik, sehingga sangat asyik jika untuk bermain-main dan mandi di pantai ini.
Gerbang untuk memasuki ke Pantai Romodong ini pun sangat unik, yaitu melewati celah antara 2 buah batu besar seperti pada gambar di samping. Orang biasa menyebutnya "Batu Belah Tangkup".


Yang uniknya lagi di pantai yang satu ini ada seonggok batu besar yang bentuknya mirip sekali dengan kodok (katak). Orang-orang menyebutnya dengan sebutan "Batu Kodok". Batu kodok ini berada tepat di sebelum gerbang masuk pantai romodong. Selain itu di pantai ini pun ada sebuah kelapa bercabang 2. Pohon nyiur melambai yang biasanya lurus memanjang ke atas ini sedikit berbeda dengan penampilan bercabangnya. Aneh memang, namun memang begitulah adanya. Gambar di bawah ini akan lebih menjelaskan penjelasan di atas.

Pohon Kelapa Bercabang Dua

Batu Kodok

 Dulunya ada beberapa villa dan restoran di Pantai ini, namun sekarang tinggal puing-puing bangunannya yang tersisa. Saya tidak begitu tahu mengapa villa dan restoran ini tidak di jalankan lagi. Yang pasti ini merupakan bukti bahwa kurangnya tanggapan pemerintah terhadap potensi yang dimiliki oleh Pantai Romodong ini.
Jika Anda penasaran dengan pantai yang satu ini, Anda bisa datang sendiri dan membuktikannya. Sedangkan sunset yang Saya ulas di atas tadi bisa anda lihat gambar di bawah ini. Masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di pantai yang satu ini. Sisi lain dari pantai ini juga sangat menarik. Selain itu potensi ikan di daerah pantai ini juga cukup menjanjikan jika Anda ingin berkemah sambil mencari ikan sebagai lauk makan. :-)
Sunset Romodong 1
Sunset Romodong 2





Sisi Lain Pantai Romodong

3 komentar:

  1. salam buat bapak ahmad d batu atap n kakak waris n yuk rsti d romodong. smoga warga bukit ketok n warga pabrik batu bata batu atap slalu bahagia n aman sejahtera. dari taufik kurniawan d pringsewu lampung.

    BalasHapus
  2. salam jga buat paman kodri n iwan n akak tekad di romodong..trus bwt andi/ketty,ibnu,ono,ping ping,lukman,tia smoga sehat slalu..amin'

    BalasHapus
  3. Amiiinn... kita doa kan sukses dan sehat selalu..

    Semoga salamnya sampai pada orang yang di tuju..

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.