Keritek/Kerupuk Getas (Makanan Ringan Khas Bangka)


Kerupuk getas Belinyu Bangka, terkenal enak & gurih
Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan wisata pantainya yang begitu eksotis. Namun disamping itu, provinsi yang baru berdiri pada tahun 2000 ini juga memiliki beragam kuliner yang sangat menggiurkan. Rasa yang begitu khas dari daerah ini tak mungkin terlupa begitu saja ketika Anda mencicipinya. Sama halnya seperti kemplang, keritek ini juga masih berbahan dasar dari hasil laut. Yang paling sering dijadikan keritek ini adalah ikan tenggiri yang masih segar tentunya. Karena itu rasa keritek ini enak dan gurih. Sangat cocok dijadikan teman makan nasi, ataupun dimakan biasa juga tetap nikmat. Biasanya keritek ini dijadikan oleh-oleh bagi yang akan bepergian keluar Bangka atau oleh-oleh yang habis berlibur dari Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk jenis makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai diseluruh Kepulauan Bangka Belitung.  Makanan ringan yang satu ini sudah tersebar ke seluruh kecamatan di seluruh Kepulauan Bangka Belitung. Siapa yang tidak kenal dengan rasa keritek yang begitu nikmat ini. Industri pembuatan keritek ini masih tergolong dalam industri rumah tangga yang sebagian besar didominasi oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Namun yang paling terkenal adalah keritek dari Kecamatan Belinyu. Masyarakat Belinyu memanggilnya dengan sebutan Keletek. Kecamatan Belinyu memang terkenal dengan kulinernya dengan rasa yang khas dari Belinyu. Namun disamping itu tidak hanya di Belinyu saja, Sungailiat, Merawang, Pangkalpinang, dan kota-kota lainnya juga banyak yang membuat penganan ringan khas Bangka ini. Soal rasa yah tergantung kita sendiri menilainya, enak yang buatan mana. Yang pasti kita bangga dengan penganan khas Bangka yang satu ini.

Keritek ikan tenggiri putih, enak, dan gurih
Keritek termasuk kedalam makanan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk sama seperti kemplang. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan dan tepung tapioka. Ikan yang paling sering dijadikan keritek ini adalah ikan tenggiri. Ikan yang sudah digiling/dihaluskan dicampur dengan sedikit demi sedikit tepung tapioka dan beberapa bumbu lainnya hingga adonan pas serta siap untuk dibentuk lenjeran sebesar ibu jari atau berbentuk lenjeran kecil (Kira-kira berdiameter antara 1-2 cm). Kemudian lenjeran tersebut dipotong kecil-kecil dan langsung digoreng kedalam minyak panas. Tunggu hingga matang dan berwarna sedikit keemasan, tiriskan dan siap untuk disajikan dan disantap.

Jika Anda berminat dan ingin mencoba keritek ini silahkan cari di sentra oleh-oleh khas Bangka. Anda bisa mendapatkan keritek ini dengan harga sekitar Rp. 100.000,-/Kg. Namun jika Anda tidak bisa pergi ke sentra pusat oleh-oleh bangka, anda bisa membelinya lewat kami. Kami juga menjual keritek ini secara online. Untuk keritek yang ingin dipesan, silahkan hubungi kami terlebih dahulu lewat email kami di admin@platbn.com atau hub. 0852 6870 3493 tentang oleh-oleh yang ingin anda pesan. Hubungi kami terlebih dahulu untuk update harga yang terbaru. Selain itu kami juga menjual oleh-oleh lainnya, Silahkan lihat di page oleh-oleh untuk melihat daftar list oleh-oleh yang kami jual.


*Harga sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan tanyakan dahulu harga terbarunya. Kami akan berusaha untuk memperbaharui harga yang berlaku secara berkala.
*Harga belum termasuk ongkos kirim via JNE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.