Acara Takbiran Idul Fitri (Kota Belinyu)


Pawai/Konvoi Mengumandangkan Gema Takbir
Seperti halnya di kota-kota lain setiap malam menjelang Hari Raya Idul Fitri, semua umat muslim mengumandangkan takbir sebagai wujud rasa syukur mereka. Gema takbir ini pun akan bergema ke seluruh penjuru kota dari setiap masjid-masjid yang akan mengumandangkan gema takbir tersebut.
Lomba Parade Beduk

Namun jika Anda sedang berada di Kecamatan Belinyu khususnya, boleh Anda menyempatkan diri untuk menyaksikan beberapa pawai/konvoi untuk mengumandangkan takbir berkeliling kota Belinyu.


Pawai/Konvoi ini akan diadakan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Acara tahunan ini juga akan di adakan berbagai macam lomba, seperti lomba tabuh beduk, lomba pawai indah, dan masih banyak lagi acara yang akan di selenggarakan. Antusias warga juga sangat gembira menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, terlihat dari partisipasi warga untuk mengikuti acara Pawai/Konvoi ini.

Beberapa partisipan terlihat menghiasi mobil-mobil mereka dengan beragam pernak-pernik yang menjadikannya indah. Ada yang menghiasinya dengan beragam bentuk, dengan tambahan lampu kelap-kelip. Seluruh aktifitas warga akan berhenti sejenak untuk menyaksikan Pawai/Konvoi ini. Walaupun sibuk untuk persiapan Idul Fitri dirumah, meraka tetap menyempatkan diri untuk istirahat sejenak melihat takbiran keliling ini.

Acara seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Acara ini biasanya diselenggarakan oleh DPK BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kec. Belinyu. Namun ada juga pihak lain yang juga pernah turut menyelenggarakan acara ini seperti para mahasiswa yang baru pulang dari rantauannya di berbagai kota. Acara ini dijaga oleh pihak kepolisian di bantu oleh beberapa anggota Pemuda Pancasila untuk mengamankan acara ini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Suasana Takbiran Keliling di Kediaman Camat Belinyu
Apel satuan pengamanan sebelum acara dimulai

Pelepasan Takbiran Keliling Oleh Camat Belinyu
Sang Jawara Mendapatkan Piala Bergilir
 Dan inilah para jawara kita yang mendapatkan trophy piala bergilir dari camat Kota Belinyu pada tahun 2010. Kira-kira siapa lagi yang akan mendapatkan trophy piala bergilir ini yah. Atau mungkin mereka akan mempertahankan piala bergilir ini tetap di tangan mereka?? Kita lihat saja nanti pada malam Hari Raya Idul Fitri 1432H Tahun ini.
Inilah hiasan pernak-pernik dan personil sang Jawara

Masjid Nurul Cholid Sungai Ketok juga menjuarai Takbiran Keliling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.