Pantai Penyusuk (Tanjung Penyusuk)


Pantai Penyusuk
Begitu banyak pantai di Kota Belinyu ini, Tanjung Penyusuk merupakan salah satunya. Pantai ini terletak paling ujung utara Pulau Bangka atau lebih tepatnya Kota Belinyu, lebih kurang 6 km dari Pantai Romodong.
Pantai ini bisa dikatakan unik, karena dipantai ini banyak terdapat batu-batuan yang lebih besar lagi daripada pantai romodong.

Gelombang yg besar di pantai penyusuk
Arus laut disebelah utara pantai ini terbilang cukup besar, gelombangnya pun tinggi karena berbatasan langsung dengan laut natuna. Sedangkan di pantai sebelah barat, arus lautnya lebih tenang dibandingkan dengan yang sebelah utara. Oleh sebab itu, mandi di kawasan utara pulau ini terbilang cukup berbahaya.

Pulau Lampu serta jembatan menuju kesana yang sudah hancur
Selain itu, terdapat sebuah pulau didepannya yang disebut dengan "Pulau Lampu". Disebut "Pulau Lampu" karena di pulau ini terdapat mercusuar pemandu kapal pada malam hari yang akan pergi berlayar dengan menerangi pandangan mereka dengan lampu yang terang. Pantai ini dihiasi dengan bebatuan alam yang besar dan kecil yang menjadikannya indah, ditambah lagi dengan air lautnya yang berwarna biru dan jernih.

Sebenarnya ada sebuah jembatan yang berfungsi sebagai penghubung antara Pantai Penyusuk dengan Pulau Lampu. Namun sudah beberapa kali dibangun, jembatan ini selalu saja tidak selesai. Mungkin ini adalah salah satu kurang tanggapnya pemerintah daerah terhadap pantai ini. Namun, kita tidak perlu bingung jika ingin melihat keadaan Pulau Lampu tersebut, kita bisa menyewa perahu-perahu nelayan setempat.

Pantai ini akan terlihat sangat sepi jika di hari-hari biasa, namun akan sangat ramai jika di hari libur apalagi di hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri. Sehingga terkadang ada yang memanfaatkan hal ini, seperti berjualan makanan dan minuman pantai ini. Biasanya juga kalau udah ramai pengunjungnya, akan ada yang katanya "petugas kontribusi pantai" yang akan memungut biaya masuk ke pantai ini. Tapi kurang jelas akan keberadaan orang-orang ini. Karena kontribusi yang dipungut mereka tidak pernah sampai ke tangan pengelola pantai. Lagi pula mereka hanya mengambil kontribusi pada hari-hari tertentu dan pada saat pantai sedang ramai dikunjungi. Sedangkan di hari-hari biasanya kita dengan bebas bisa keluar masuk pantai ini. 

Begitulah keadaan pantai yang ada di daerah ini. Semoga Pemerintah Daerah setempat bisa lebih tanggap terhadap tempat-tempat wisata yang ada disekitar daerah ini. Karena itu merupakan aset daerah dan harus dikembangkan. Jika masih penasaran dengan keindahan dan keistimewaan pulau ini, kalian bisa langsung berkunjung kesana, bersama teman, pasangan atau keluarga. Sebagai tambahan, dari pantai ini juga Anda bisa melihat sunset yang tak kalah indahnya dari pantai romodong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.