BUKIT MARAS (GUNUNG MARAS) @ . : PLAT BN UNITED : .

Selasa, 18 Januari 2011

BUKIT MARAS (GUNUNG MARAS)

Pemandangan bukit Maras dari jalan raya jembatan Perimping
Wisata alam dari Pulau Bangka sendiri bukan sekedar pantai saja, namun terdapat perbukitan yang indah seperti Bukit Maras. Bukit Maras atau sering disebut Gunung Maras oleh masyarakat sekitar adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangka. Tepatnya di Desa Rambang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.
Ketinggian dari Bukit Maras ini sendiri adalah 699 meter dari permukaan laut. Karena Bukit Maras ini merupakan Bukit Tertinggi di Pulau Bangka, maka masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya sebagai Gunung Maras. Jarak antara Bukit Maras dengan Kota Belinyu Sekitar 33 Km.
Pemandangan bukit Maras dari kaki bukitnya

Untuk menuju ke lokasi, bisa menggunakan mobil atau motor. Namun lebih disarankan menggunakan motor, karena jalanan untuk menuju kaki Bukit Maras masih jelek dan sempit. Sehingga untuk mobil hanya bisa mencapai di bagian luarnya saja atau dipinggir jalan raya.
Keindahan yang disuguhkan Bukit Maras ini begitu banyak, mulai dari udara yang sejuk, panorama alam yang masih asri dengan pohon-pohonnya yang rindang.
Air terjun bukit Maras

Sebelum mendaki Bukit ini, kita bisa menikmati sejuknya air terjun, yang bisa menghilangkan lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Bukit Maras ini.
Setelah melepaskan lelah di kaki Bukit Maras ini, dengan pemandangan dan air tejun kecil dan sejuk. Kita bisa mendaki Bukit Maras ini melalui jalan kecil lagi. Untuk mendaki gunung ini kita harus memiliki stamina yang cukup, bukan hanya karena ketinggiannya 699 m, tapi jalannya yang naik turun dan cukup curam juga berbatu. Ditengah perjalanan menuju Bukit Maras tertinggi, kita akan melihat panorama alam yang unik dan indah.

Sesampainya di Puncak Bukit Maras ini, kita akan melihat keadaan alam sekitar yang berada di bawah. Keadaan ini pula yang akan membuat rasa lelah hilang seketika. Dipuncak Bukit Maras, kita juga bisa menjumpai sumur yang airnya jernih dan langsung bisa diminum tanpa perlu dimasak lagi. Namun adakalanya sumur ini kering. Karena sumur ini tergantung pada musim kemarau dan musim penghujan.
Pemandangan dari atas bukit Maras
Pemandangan dari puncak bukit Maras


Share/Bookmark

Baca Juga Artikel Lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar