Kericu (Makanan Ringan Khas Bangka Selain Kemplang dan Keritek)


Keritek Belinyu - Bangka, terkenal enak & gurih
Kericu merupakan salah satu makanan ringan yang khas dari Kepulauan Bangka Belitung. Kericu atau telur cumi-cumi ini terkenal karena rasanya yang enak, gurih dan bergizi tinggi. Membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan dan ingin menikmatinya lagi. Bangka Belitung memang kaya akan wisata pantainya, namun disamping itu Bangka Belitung juga kaya akan kulinernya yang kebanyakan berbahan dasar dari laut. Seperti kericu ini misalnya, bahan dasar kericu ini adalah telur cumi-cumi, maka dari itu kericu ini juga sering disebut telur cumi-cumi atau telur sotong (Sotong = Cumi-Cumi.red*).

Seperti halnya kemplang dan keritek, industri pembuatan kericu ini juga masih dalam kategori industri rumah tangga yang kebanyakan diusahakan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Sentra penghasil kericu ini beragam, mulai dari Pangkalpinang, Sungailiat, Belinyu dan masih banyak lagi di tiap kecamatan yang ada di Bangka Belitung. Namun yang terkenal dan yang paling banyak diminati adalah kericu dari Kecamatan Belinyu. Katanya soal rasa kericu Belinyu lebih enak dan gurih. Namun itu tergantung dari masing-masing individu juga. Banyak juga kericu dari daerah lain yang menjadi minat wisatawan. Dan yang pasti kita bangga dengan keanekaragaman kuliner kita.

Penganan ringan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai diseluruh kecamatan di Kepulauan Bangka Belitung. Karena sudah menjadi makanan cemilan sehari-hari, meski begitu cemilan ini juga nikmat jika disajikan bersama-sama dengan nasi. Kericu ini juga cocok dijadikan oleh-oleh sehabis liburan ke Bangka Belitung ataupun oleh-oleh untuk dibawa bepergian ke luar Bangka.

Bahan utama pembuatan makanan khas Bangka yang bernama kericu ini adalah telur cumi-cumi dan sagu (tapioka). Telur cumi-cumi mula-mula dicuci hingga bersih terlebih dahulu sampai terpisah antara telur dengan kotorannya, lalu ditiriskan. Kemudian telur tersebut digiling dengan menggunakan penggilingan ikan. Telur cumi-cumi yang telah halus itu dicampur dengan telur ayam, garam dan bumbu penyedap lalu diaduk rata. Setelah tercampur rata hingga menyerupai bubur, masukkan sagu hingga menjadi adonan yang siap dibentuk. Kemudian bentuk adonan sesuai selera Anda, biasanya kericu dibentuk seperti lenjeran kecil. Adonan yang telah dibentuk langsung direndam kedalam minyak dingin agar tidak menyatu antara satu dengan lainnya. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, setelah panas lalu kericu yang telah direndam tersebut dimasukkan ke dalam penggorengan. Angkat setelah masak dan ditiriskan hingga kering. Kericu siap untuk disajikan dan dinikmati.

 Jika Anda berminat dan ingin mencoba kericu ini silahkan cari di sentra oleh-oleh khas Bangka. Anda bisa mendapatkan kericu ini dengan harga sekitar Rp. 100.000,-/Kg. Namun jika Anda tidak bisa pergi ke sentra pusat oleh-oleh bangka, Anda bisa membelinya lewat kami. Kami juga menjual kericu ini secara online. Untuk kericu yang ingin dipesan, silahkan hubungi kami terlebih dahulu lewat email kami di admin@platbn.com atau hub. 0852 6870 3493 tentang oleh-oleh yang ingin anda pesan. Hubungi kami terlebih dahulu untuk update harga yang terbaru. Selain itu kami juga menjual oleh-oleh lainnya, Silahkan lihat di page oleh-oleh untuk melihat daftar list oleh-oleh yang kami jual.



*Harga sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan tanyakan dahulu harga terbarunya. Kami akan berusaha untuk memperbaharui harga yang berlaku secara berkala.
*Harga belum termasuk ongkos kirim via JNE.

1 komentar:

  1. Makasih ya gan atas informasinya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita kunjungi juga http://tepungsagu.com/resep-kueh-donat/

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.