Pantai Tanjung Berikat (Bangka Tengah)


Sekarang kita kembali lagi ke Kabupaten Bangka Tengah. Cukup banyak potensi wisata di Bangka Tengah ini, ada wisata pulau seperti pulau ketawai, ada wisata alam seperti air terjun sadap, dan wisata pantai tentunya. Kali ini kita berkunjung ke Pantai Tanjung Berikat. Pantai yang cantik ini dengan hamparan pasir putih yang luas ini akan menambah hangat suasana bagi pengunjungnya. Dengan hiasan batu-batuan granit dan air yang jernih akan membuat kita enggan beranjak lagi jika sudah berada disini. Sesekali akan terlihat ikan-ikan kecil berenang mengitari batu granit yang ada di pantai ini. Wisata pantai Bangka Belitung yang satu ini tentu juga menarik untuk dikunjungi sebagai tempat liburan. Untuk lebih mengetahui tentang pantai yang satu ini, mari kita lihat ulasannya dibawah ini.

Tanjung Berikat, Kabupaten Bangka Tengah
Pantai Tanjung Berikat ini terletak di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Berada sekitar 2 Km ke sebelah timur desa batu beriga atau sekitar 60 Km dari Kota Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Pantai Tanjung Berikat ini bisa di bilang berada di bagian paling timur Pulau Bangka. Bisa ditempuh ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau roda 4 dan butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Koba atau sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Pangkalpinang untuk bisa sampai ke pantai ini. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas jalannya, karena jalan menuju pantai ini sudah beraspal mulus hingga ke tepi pantainya. Itu karena pantai ini sudah dinyatakan sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Bangka Tengah oleh pemerintah setempat. Di desa Batu Beriga ini juga memiliki banyak wisata budaya/adat antara lain adat taber laut dan rebo kasan. Tentu dengan adanya budaya ini akan menambah minat pariwisata untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa ini.

Sunrise yang tertutup awan tanjung berikat
Selain itu berburu sunrise juga sangat asyik jika Anda sedang berada disini, itu karena letaknya disebelah timur Bangka. Sayangnya ketika kita sedang berkunjung ke pantai ini sunrise-nya sedang tertutup awan. Pantainya yang indah dengan beberapa bukit yang menambah keindahan pantainya. Di salah satu bukitnya terdapat sebuah mercusuar untuk memandu para nelayan setempat pergi melaut karena mayoritas mata pencaharian penduduk desa beriga ini adalah nelayan. Mercusuar ini juga menunjukkan bahwa titik ini merupakan titik paling timur Pulau Bangka. Jika Anda punya kesempatan untuk datang kesini, cobalah untuk datang pada pagi hari dan rasakan indahnya pantai ini di kala sunrise atau saat matahari terbit. Pasir yang berwarna putih, air laut yang berwarna biru jernih, serta panduan jingga dari sinar matahari pagi akan semakin mempercantik suasana di pantai ini.

Nelayan setempat pulang melaut
Karena penduduk disekitar pantai ini banyak yang bekerja sebagai nelayan, maka tak heran jika dipantai ini banyak terdapat kapal nelayan. Pantai ini juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk mencari nafkah, juga sebagai tempat parkir perahu mereka sepulangnya mencari ikan dilautan lepas. Hasil laut yang mereka dapatkan juga lumayan banyak. Jika Anda sedang beruntung dan sempat bertemu dengan nelayan yang pulang melaut, Anda dapat membeli ikan segar "fresh from the sea" itu langsung dari mereka dan memanggangnya di pantai Tanjung Berikat ini langsung. Tinggal mencari kayu kering yang tersebar disekitar pantai Tanjung Berikat ini. Tapi kami ingatkan kepada Anda untuk tetap menjaga kebersihan pantai ini untuk kepentingan kita bersama. Bukankah lebih nikmat berkunjung jika pantainya bersih dan terawat. Maka dari itu mari kita jaga bersama kebersihan serta kelestarian wisata pantai kita.

Sisi lain pantai Tanjung Berikat
Pantai Tanjung Berikat
Jika ingin berkunjung ke pantai ini jangan lupa membawa bekal untuk cadangan makanan Anda beserta kerabat. Karena di pantai ini juga belum ada yang menjajakan makanan maupun minuman. Toko kelontong juga jaraknya cukup jauh dari pantai ini, jadi sangat kami sarankan untuk membawa bekal tersebut. Selain itu belum sah datang kesini jika belum berfoto, maka dari itu boleh dong jika admin Plat BN ikut memasang fotonya disini. Akhir kata kami ucapkan "Selamat Berlibur" :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.