Sate Panggang (Otak-Otak, Makanan Khas Bangka)


Sate Panggang (Otak-Otak) siap saji
Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Ya, otak-otak khas Bangka yang sangat terkenal khas dengan rasa yang enak. Namun jika kalian berada di Kota Belinyu, namanya bukan lagi otak-otak, melainkan sate panggang. Walaupun jika di warung-warung atau kafe-kafe namanya otak-otak, itu bertujuan supaya pengunjung atau pelanggan mengenali makanan yang satu ini. Memang tidak banyak yang tahu, akan tetapi jika berada di Belinyu makanan ini akan dipanggil oleh masyarakat setempat dengan sebutan sate panggang. Mari kita simak sejenak ulasan tentang sate panggang berikut ini.


Sate Panggang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Makanan olahan dari ikan ini memang sangat menggugah selera. Ikan yang biasa dijadikan bahan baku pembuatan Sate Panggang ini adalah ikan tenggiri, ikan yang sangat terkenal untuk berbagai masakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun bisa juga ikan yang lainnya dan yang pasti ikan laut. Makanan ini masuk dalam kategori sate-satean, namun tidak seperti sate di Madura atau Pulau Jawa pada umumnya. Karena sate ini tidak di tusuk-tusuk dengan lidi seperti sate di pulau jawa pada umumnya. Sate disini juga ada beberapa macam, yaitu sate panggang, sate kukus, dan sate goreng. Karena bahan dan juga pengolahannya sama, hanya saja beda di cara masaknya dan namanya dibedakan dari cara memasaknya. Namun karena masuk makanan yang juga bernama sate dari pulau jawa ke Bangka, sate yang dari pulau jawa pun dibedakan dengan nama sate cucuk (Tusuk.red*) karena dibuat dengan cara di tusuk.

Sate Panggang atau lebih dikenal dengan nama otak-otak
Sate di Bangka dibuat dari bahan ikan laut segar, di campur dengan sagu, irisan bawang merah, sedikit irisan bawang putih, garam, santan, dan sedikit air. Bahan-bahan tersebut dicampur dan di aduk-aduk dengan tambahan air perlahan-lahan hingga semuanya tercampur secara merata. Setelah selesai, tinggal Anda tentukan ingin dimasak dengan cara apa. Jika ingin membuat sate panggang atau otak-otak, maka bahan yang tadi sudah tercampur rata dibungkus ke dalam daun pisang dan di panggang di atas bara api. Jika ingin membuat sate kukus, maka bahan yang sudah selesai tadi dibungkus kedalam daun pisang atau plastik dan di kukus ke di atas air mendidih. Namun jika ingin membuat sate goreng, maka bahan yang sudah selesai tadi langsung di bentuk kecil-kecil dan di goreng (Seperti menggoreng begodo atau jumput-jumput).

Cuka Tauco (Kuah Tauco) teman makan sate
Sate-sate ini disajikan dengan cuka tauco (kuah tauco) atau cuka belacan (kuah terasi) yang khas dari Bangka Belitung. Cuka yang asem, pedes, dan gurih ini sangat cocok untuk menemani makan sate atau otak-otak ini. Dimakan dengan cara di cocol-cocolkan ke cuka tauco atau kuah tauco tersebut. Terasa nikmat di lidah jika dimakan dalam keadaan hangat, namun masih tetap enak lho jika dimakan dalam keadaan dingin juga. Jika itu sate kukus lain lagi, sate kukus lebih sering jadi lauk atau teman makan nasi ketimbang langsung dimakan. 

Saat ini sate panggang atau otak-otak ini dijual Rp. 1.500,- hingga Rp. 2.500,- per buahnya. Tergantung besar dan kecil ukuran dari sate panggang itu sendiri. Saat ini sudah banyak yang menjual sate panggang atau otak-otak di warung-warung khas di Bangka Belitung. Namun kalau Anda ingin mencicipi sate panggang Belinyu yang sudah terkenal enaknya, Anda bisa datang ke Kota Belinyu dan mendatangi warung-warung khas Bangka yang ada disana. Ada beberapa yang terkenal disana seperti warung Ipul di kampung gudang, otak-otak A-fung di jalan kuto panji, otak-otak A-sam di jalan kuto panji, dan kafe mink-mink di jalan kuto panji. Selebihnya hanya warung-warung kecil biasa atau para pedagang keliling yang mejajakan dagangannya dengan cara berteriak. Satteee Panggaaannggg!!! Satteee Panggaanngggg!!!

Admin dan Crew BN manggang dan makan sate (otak-otak) bersama di tepi Pantai Putat - Belinyu

Admin dan Crew BN manggang dan makan sate (otak-otak) bersama di tepi Pantai Putat - Belinyu


3 komentar:

  1. nyam...nyam...nyammm duh jadi ngiler euy.......enak bener otak2 nya,,,,, ( = 3 = )

    BalasHapus
  2. Mari ke sini bang Dadang, wisata belitung dan semuanya, kita ke bik M*la. :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.