Air Terjun Sadap (Bangka Tengah)


Plang Air Terjun Sadap
Beberapa bulan terakhir ini entah mengapa para Crew Plat BN senang mengunjungi Kabupaten Bangka Tengah. Terhitung sejak bulan oktober hingga bulan januari kemarin, tiap bulannya pasti mengunjungi Bangka Tengah. Kabupaten Bangka Tengah memang sedang berbenah, baik dari segi infrastuktur hingga pariwisatanya. Kali ini yang menjadi sasaran kami adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, yang lebih di kenal dengan nama Air Terjun Sadap. Air terjun ini merupakan salah satu pariwisata andalan Kabupaten Bangka Tengah. Ya, tidak hanya Pulau Ketawai saja tempat wisata di Bangka Tengah ini, melainkan ada yang lain seperti Air Terjun Sadap ini. Mari kita simak lebih lanjut tentang air terjun yang satu ini.

Air Terjun Sadap
Kalian pasti heran mengapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Sadap. Dinamakan demikian karena air terjun ini berada di Dusun Sadap Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Namanya diambil berdasarkan nama lokasi dimana air terjun ini berada yaitu Dusun Sadap Perlang. Berada sekitar ± 7 Km dari Kota Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Jika Anda dari Kota Pangkalpinang, jarak yang harus di tempuh untuk ke air terjun ini sekitar ± 75 Km atau sekitar ± 1.5 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan kendaraan roda 4 atau kendaraan roda 2 dengan kondisi jalan yang sudah beraspal mulus dari Kota Pangkalpinang ataupun dari Kota Koba. Namun dipersimpangan dari Desa Perlang belok kanan, akan dijumpai jalan yang masih tanah merah sekitar ± 3 Km masuk ke Dusun Sadap. Setelah sampai di Dusun Sadap, akan dijumpai kembali aspal mulus hingga persimpangan menuju air terjun ini. Lebih disarankan Anda untuk menggunakan kendaraan roda 2, karena ada beberapa bagian jalan yang berlobang serta berbatu. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini akan Anda jumpai danau-danau kecil bekas penambangan timah. Seperti halnya di tempat lain di Provinsi Bangka Belitung ini, kolong/danau-danau kecil bekas penambangan timah pasti selalu mengiringi kita menuju lokasi tertentu.

Air Terjun tampak keseluruhan
Sesampainya disana Anda akan melihat sesuatu yang menakjubkan, air terjun kira-kira setinggi 6-7 meter dengan kemiringan sekitar ± 40° mengalir deras ke kolam yang berada di bawahnya. Mengalir di antara celah batu-batu granit berukuran besar yang berwarna coklat agak kehitam-hitaman. Dihiasi dengan batu-batu granit disekitar kolam bagian bawahnya menambah indah air terjun ini. Air yang dingin natural serta pemandangan yang masih alami ini seakan tidak membosankan berada disana berlama-lama. Derasnya air yang mengalir dan bunyi gemericik air membuat kita tidak bisa menahan diri untuk segera terjun dan mandi di air yang indah serta alami ini. Biasanya akan Anda jumpai penduduk daerah setempat yang pergi mandi ke air terjun ini. Air terjun ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai pembangkit listrik tenaga air untuk keperluan listrik warga yang tinggal di sekitar air terjun ini karena potensi derasnya air yang mengalir. Namun pembangkit ini masih dalam skala kecil, karena tidak begitu kuat untuk memutar turbin jika dalam skala besar.

Menikmati air yang sejuk
Jika kalian ingin berkunjung ke daerah ini, kami sarankan untuk membawa bekal. Baik itu makanan ringan, makanan berat, dan air minum, karena di air terjun ini tidak ada penjual yang menjajakan makanan atau minuman. Namun meski begitu kami juga berharap Anda bisa membuang sampah yang kalian bawa pada tempat yang sudah disediakan atau dikumpulkan menjadi satu, karena pada saat kami datang kemarin banyaknya sampah yang berserakan membuat kami kecewa. Juga tangan-tangan jahil yang mencorat-coret di sekitar batu yang memperburuk keindahan serta kesan alaminya. Mari kita jaga aset wisata kita bersama ini, mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu dan itu akan sangat membantu sekali. Terakhir, menurut kami tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi jika kalian ke daerah Bangka Tengah. Selamat berlibur. :)

Bermain air sambil berayun ala Tarzan

5 komentar:

  1. Good job.. Keren banget yang bikin tulisan ni.. (y) semoga nanti ad kesempatan berkunjung ke tempat2 wisata di Bangka Tengah, aamiin

    BalasHapus
  2. Terima kasih juga telah berkunjung serta memberikan komentarnya.. Ya, kami doakan juga semoga Anda bisa berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bangka Tengah ini. Karena tempatnya sangat bagus dan masih alami tentunya.. Kunjungi juga Pulau Ketawai yang sedang hangat-hangat nya di bicarakan di Bangka.. :)

    BalasHapus
  3. Ada satu lagi wisata di Bangka Tengah yang harus di kunjungi yaitu sawah dan hutan pelawan di Desa Namang.Rasanya kurang lengkap kalau berkunjung ke Bangka Tengah tidak singgah sebentar di desa namang.

    BalasHapus
  4. Nah, boleh juga tuh.. Kita blm begitu banyak tau juga daerah-daerah wisata lainnya di Bangka Tengah.. Nanti kapan-kapan Crew Plat BN singgah sebentar ke Desa Namang deh, ke sawah dan hutan pelawannya.. Biasanya cuma singgah ke warung-warung di Namang buat belanja minuman dan cemilan selama perjalanan.. :)

    BalasHapus
  5. Waktu mau masuk ke jalan air terjun sadap gak bisa mobil ya?, selain berlobang, apakah jalannya juga terjal?, mohon info, saya mau kesana bareng keluarga, saya dengar lumayan jauh juga 1,5 km ditempuh jalan kaki.

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.