Pempek Panggang (Makanan Khas Bangka)


Pempek Bakar
Seperti kebanyakan makanan khas dari daerah Bangka Belitung ini hampir serupa dengan makanan yang ada di Sumatera Selatan. Namun memang terdapat beberapa perbedaan dari segi rasa dan kualitasnya. Pempek Bangka memang belum begitu terkenal sampai ke seluruh nusantara seperti halnya pempek Palembang. Namun meski begitu tetap saja orang Bangka mengatakan pempek Bangka yang paling enak. Cuka nya yang sangat khas dan terasa nikmat jika menghirupnya. Rasa ikan yang masih segar dari laut membuat pempek ini jadi terasa gurih. Namun pempek tidak hanya di rebus kemudian di goreng aja lho. Masih banyak yang bisa di olah dari pempek ini.

Pempek yang di panggang di atas bara api
Gambar yang Anda lihat di atas itu bukan cireng yang ada di pulau jawa khususnya Jawa Barat, namun itu adalah Pempek Panggang khas dari Bangka Belitung. Haahhh?? Bukannya pempek itu di goreng?? Atau juga hanya cuma di rebus?? Ya, kebanyakan memang pempek hanya di rebus dan di goreng saja. Namun kali ini berbeda, pempek bisa saja di Panggang di atas bara api dan tentu saja rasanya jadi lebih nikmat dan renyah. Pempek ini berbentuk bulat-bulat kecil dan di panggang di atas bara api, kemudian di belah tengahnya dan di isi dengan Abon ikan, Cabe Hijau, dan Kecap. Kemudian tinggal di makan dengan cuka yang biasa untuk makan pempek. Sangat gurih, renyah, dan nikmat sekali makan pempek panggang ini.

Selain itu jika Anda berada di daerah kepulauan Bangka Belitung, pempek bisa dijadikan makanan khas lain yang beragam. Pempek bisa di jadikan Bakwan yang berkuah, bisa di jadikan lenggang, atau bisa juga di jadikan tekwan. Selain itu kerupuk kemplang juga awalnya adalah dari pempek ini juga yang di potong tipis-tipis dan di jemur untuk dijadikan kemplang. Masih banyak lagi yang bisa dijadikan kuliner lain berbahan dasar pempek atau masyarakat Belinyu menyebutnya Kelesan. Bangka Belitung kaya akan kuliner dan jajanannya, pokoknya jika jalan-jalan di Kepulauan Bangka Belitung Anda tidak akan kelaparan.

Penjual Pempek Panggang
Untuk bisa mendapatkan jajanan pempek panggang ini bisa Anda temukan di hampir seluruh pusat jajanan di daerah Bangka Belitung, jika di Pangkalpinang bisa Anda temukan di seputaran alun-alun kota Pangkalpinang atau Lapangan Merdeka. Jika di daerah Sungailiat bisa Anda temukan di seputaran Pasar Mambo Sungailiat dan jika di daerah Belinyu bisa Anda temukan di seputaran jalan Kuto Panji Belinyu. Dan jika di daerah lainnya bisa Anda temukan di pusat jajanan di daerah masing-masing. Untuk masalah harga jangan risau, pempek panggang ini di jual murah dengan harga Rp. 1.500,-/buah.

2 komentar:

  1. pempek panggang sebenarnya bukanlah makanan khas asli bangka , tetapi makanan khas palembang,,, karena makanan khas pempek bangka hampir sama dengan palembang,..hanya beda di saus nya..kalau dibangka sausnya (kuah belacan,kuah cabi,kuah taoco), sedangkan di palembang kuah nya (cuko...asam manis pedas..)
    yang asli bangka adalah otak otak panggang,sate ikan ,,,

    BalasHapus
  2. Sebenarnya banyak versi tentang makanan yang satu ini, ada yang menyebutkan pempek ini berasal dari Bangka (Kelesan.*Red), namun karena dulu Bangka masih bagian dari Sumatera Selatan sehingga jadi khas Palembang (Menurut versi yang kami dengar). Insya Allah nanti sejarah versi yang kami dengar ini akan kami post di sini juga.. Terima kasih sudah berkunjung.. Dan yang pasti makanan ini milik Indonesia.. :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.