Lempok Cempedak dan Durian (Makanan Olahan Dari Bangka Belitung)


Lempok yang sudah dibungkus dan siap disantap
Masyarakat di daerah Bangka Belitung memanggilnya "lempok". Lempok bukan sejenis lem ataupun perekat lainnya, namun lempok adalah makanan olahan khas dari Bangka Belitung. Mungkin kedengaran sedikit aneh dengan namanya, namun begitu lah makanan yang ada di Bangka Belitung memang aneh namanya tapi sangat lezat rasanya. Kuliner yang satu ini tidak kalah menariknya dengan kuliner yang lainnya. Tidak hanya di kalangan Bangka Belitung saja, sebagian warga dari pulau Sumatera sangat menyukai makanan yang satu ini. Penasaran?? Mari kita simak apa saja dibalik lempok ini.

Pada saat musim panen cempedak ataupun durian tiba, penduduk daerah Bangka Belitung ketiban rejeki yang seakan tidak ada habisnya. Seluruh desa, kampung semuanya banjir akan buah-buahan ini. Mungkin sampai bosan memakannya bahkan sampai panas dalam akibat kebanyakan mengkonsumsi buah-buahan ini. Mungkin karena itu lah nenek moyang kita yang berasal dari daerah Bangka Belitung membuat yang namanya "Lempok" ini. Makanan olahan sederhana ini mampu membuat lidah bergoyang ketika memakannya. Dan tentu saja banyak yang kangen dengan makanan yang satu ini.

Lempok yang siap di santap
Makanan olahan yang berbahan dasar cempedak ataupun durian ini dicampur dengan gula pasir yang kemudian dimasak dan dicampur dengan sedikit garam supaya lebih gurih. Kemudian aduk dalam wajan dengan api sedang. Aduk terus menerus hingga campuran bahan tersebut mengental dan menyatu. Jika tidak maka lempok ini akan mengental di satu sisi dan tidak merata secara keseluruhan. Lempok bisa dianggap matang jika sudah tidak melekat pada pengaduknya. Angkat lempok tersebut dan dinginkan baru kemudian dibungkus kecil-kecil seperti permen kepitong. Bungkus bisa menggunakan kertas minyak atau plastik. Setelah lempok ini dibungkus baru lah siap dipasarkan ataupun untuk sekedar dimakan sendiri dan dijadikan oleh-oleh dari Pulau Bangka Belitung.

Jika di Sumatera, khususnya di daerah Sumatera Selatan sering juga di namakan dodol durian. Karena sepintas memang lempok ini mirip dengan dodol namun lebih lengket dan lebih legit rasanya. Lempok ini tidak setiap hari bisa kita dapatkan, karena sangat bergantung sekali dengan musim panen buah durian maupun buah cempedak. Jika buah-buahan tersebut sedang tidak dalam musim panen, maka akan sangat sulit sekali dijumpai lempok ini.

Jika Anda berminat, Anda bisa mendapatkan lempok ini di sentra oleh-oleh yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung. Anda bisa mendapatkan lempok ini dengan harga mulai Rp. 80.000,- hingga Rp. 150.000,- per Kg. Namun jika Anda tidak bisa pergi ke sentra pusat oleh-oleh Bangka, Anda bisa membelinya lewat kami. Kami juga menjual Lempok ini secara online. Silahkan hubungi kami terlebih dahulu lewat email kami di admin@platbn.com atau hub. 0852 6870 3493 tentang oleh-oleh yang ingin anda pesan. Hubungi kami terlebih dahulu untuk update harga yang terbaru dan ketersediaan lempok ini. Selain itu kami juga menjual oleh-oleh lainnya, Silahkan lihat di page oleh-oleh untuk melihat daftar list oleh-oleh yang kami jual.


*Harga sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan tanyakan dahulu harga terbarunya. Kami akan berusaha untuk memperbaharui harga yang berlaku secara berkala.
*Harga belum termasuk ongkos kirim via JNE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.