Kepitong/Kopitong (Permen Tradisional Khas Bangka Belitung)


Gule-gule Kepitong/Kopitong, Gule-gule (Permen) khas Bangka Belitung
Saban hari ketika liburan dan pulang dari perantauan, Saya selalu berkeliling pulau Bangka untuk mencari sesuatu yang sudah lama tidak Saya temukan di pulau Jawa. Begitu banyak yang Saya rindukan dari pulau kelahiran Saya ini. Dimulai dari Pantiaw, Rusip, Teo-Fu Sui, Es Kacang, Keritek, Kericu, Bakwan, Kemunting, Kemplang, Kelubi, Dodol Belinyu, Jumput-jumput, Begodo, Lempah, dan beragam kuliner lainnya. Rasa rindu itu juga tertuju pada pantai-pantai Bangka Belitung yang Indah dan beragam wisata lainnya. Lalu ketika Saya jalan-jalan dan berhenti di sebuah sentra oleh-oleh khas Bangka, Saya menemukan sesuatu yang sudah lama tak ku jumpa. Terakhir kali Saya melihatnya ketika masih di Bangku SMP. Ya, cukup lama sekali kira-kira 10 tahun tak ku jumpa dan aku pun senang melihat kembali Permen/Gule-gule Kepitong.

Permen Kepitong/Kopitong ini adalah permen tradisional peninggalan nenek moyang dari Bangka Belitung. Entah sejak kapan permen ini ada, yang pastinya sejak kecil dulu anak-anak seumuran 5 - 12 tahun, bahkan orang dewasa sekalipun senang mengkonsumsi permen yang satu ini. Gule-gule (Permen.red*) Kepitong/Kopitong ini sangat digemari oleh masyarakat di Bangka, sampai-sampai jika ada anak-anak yang menangis jika di berikan permen ini akan berhenti menangis dan kembali ceria. Jika di Kecamatan Belinyu permen ini di sebut "gulo-gulo kepitong". Lain lagi jika di Sungailiat, Pangkalpinang dan daerah lainnya memanggilnya dengan "gule-gule kopitong". Di Muntok Bangka Barat lain lagi panggilannya yaitu "gule-gule kopi". Tapi walau berbeda-beda nama, kita tetap menyukai permen yang satu ini.


Permen tradisional khas Bangka Belitung ini terbuat dari gule kabong (Gula Aren.red*) dan santan yang kadang-kadang di isi dengan kacang tanah yang di tumbuk kasar. Namun ada juga yang dicampur dengan jahe biar rasanya lebih nikmat dan sedikit hangat. Bentuk nya juga beragam, ada yang berbentuk dadu atau silinder dan dibungkus dengan kertas minyak beragam warna agar lebih menarik. Rasa nya yang enak, manis, dan khas tentunya sangat nikmat mengisi waktu luang dengan mengemut permen ini. Dulu permen ini sempat menghilang dari peredaran karena sudah jarang yang membuatnya. Namun, Syukurlah permen ini sekarang bangkit lagi karena banyak yang rindu dan kangen. Lagipula bisa dijadikan bisnis juga dengan adanya permen khas dan bisa dijual sebagai oleh-oleh ke wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung.

Jika Anda berminat, Anda bisa mendapatkan permen atau gule-gule kopitong ini di sentra oleh-oleh yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung. Jika dulu semua toko menjual permen ini, sekarang sudah tidak lagi. Hanya sentra oleh-oleh yang menjual permen yang satu ini dengan kemasan yang menarik. Anda bisa mendapatkan permen ini dengan harga Rp. 10.000,- per bungkusnya. Namun jika Anda tidak bisa pergi ke sentra pusat oleh-oleh Bangka, Anda bisa membelinya lewat kami. Kami juga menjual Permen Kopitong ini secara online. Silahkan hubungi kami terlebih dahulu lewat email kami di admin@platbn.com atau hub. 0852 6870 3493 tentang oleh-oleh yang ingin anda pesan. Hubungi kami terlebih dahulu untuk update harga yang terbaru. Selain itu kami juga menjual oleh-oleh lainnya, Silahkan lihat di page oleh-oleh untuk melihat daftar list oleh-oleh yang kami jual.


*Harga sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan tanyakan dahulu harga terbarunya. Kami akan berusaha untuk memperbaharui harga yang berlaku secara berkala.
*Harga belum termasuk ongkos kirim via JNE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.