Theo-Fu Sui/Susu Kedelai (Minuman Khas Bangka)


Theo-Fu Sui/Air Tahu (Susu Kedelai)
Sore itu menjelang pawai baris berbaris yang akan dilaksanakan di Kota Belinyu, aku bersiap-siap untuk pergi menonton. Tak lupa ku bawa kamera saku ku untuk mengabadikan moment penting itu. Apalagi ketika itu keponakanku yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar itu ikut serta dalam acara pawai baris berbaris ini. Sore itu cuaca sangat mendukung, tidak terlalu panas tapi cukup membuat gerah. Untuk mengambil foto pada moment penting ini, aku mengambil posisi di depan podium camat belinyu. Karena diposisi itu kita bisa mengambil gambar ketika para peserta sedang hormat kanan pada camat beserta staf-nya, kapolsek, dan para tamu undangan lainnya. Karena capek mondar mandir mencari angle foto yang menarik, aku pun mencari sesuatu yang bisa menghilangkan dahaga. Mulailah mata ku berkelana ke segala arah untuk mencari penjual minuman pelepas dahaga. Terlintas mataku tertuju pada sebuah gerobak yang ku kenal. Ya, gerobak penjual minuman khas dari bangka yaitu Theo-Fu Sui.

Ingat aku ketika masih SD, aku sering membeli minuman ini. Kembali ku lirik ke gerobaknya, masih tetap sama penjualnya dari aku masih SD hingga sekarang. Orang keturunan cina khek ini dengan tekun menekuni pekerjaannya tanpa lelah dan putus asa dari dahulu hingga sekarang. Meskipun godaan akan harga timah yang melambung tinggi, atau pun harga solar yang ikut-ikutan melambung tetap tak dihiraukan olehnya. Bahkan sekarang dia didampingi oleh anaknya ketika menjajakan Theo-Fu Sui ini. Saya yakin suatu saat nanti anaknya inilah yang akan menggantikan dirinya menjajakan minuman khas bangka ini. Sebab, orang cina khek/tionghoa asal bangka pasti menurunkan pekerjaan, resep, dan segalanya secara turun temurun ke anak cucu mereka. Aku pun memesan minuman itu dan mulai menghirup Theo-Fu Sui itu dari sedotan yang diberikan. Masih tetap sama rasanya dari dahulu hingga sekarang, rasa yang khas dan asli kacang kedelai.

Sebelum susu kedelai mencuat ke seluruh nusantara atau bahkan dunia, konon menurut sumber yang ada, Theo-Fu Sui sudah dikenal di pulau bangka. Orang cina khek/tionghoa yang kebanyakan memproduksi minuman ini. Namun orang melayu juga ada yang membuat minuman khas ini. Minuman ini terbuat dari sari pati kacang kedelai yang dimasak dan diolah sehingga memiliki rasa yang khas. Nama Theo-Fu Sui sendiri berasal dari bahasa cina khek, yang berarti Theo-Fu = Tahu dan Sui = Air. Sehingga Theo-Fu Sui artinya adalah air tahu. Kalau orang melayu bangka menamakan minuman ini dengan sebutan air tahu karena Theo-Fu Sui memang berarti air tahu. Karena sebelum menjadi tahu, maka Theo-Fu Sui ini lah air yang dikeraskan hingga menjadi tahu. Oleh sebab itu minuman ini disebut air tahu/theo-fu sui.

Biasanya air tahu/theo-fu sui ini dijual dari pagi hingga sore hari. Tetapi ada juga yang menjualnya pada malam hari. Karena minuman ini asli dan tanpa bahan pengawet, maka minuman ini tidak bisa bertahan lama. Paling lama 1 hari 1 malam, setelah itu airnya akan mulai membeku dan rasanya menjadi asam. Jika Anda ingin menikmati minuman ini, lebih baik anda membelinya secara langsung di warung-warung atau pun gerobak-gerobak yang menyediakan minuman ini. Sehingga Anda akan menemukan rasa yang khas dan alami tanpa bahan pengawet tentunya. Minuman ini banyak mengandung protein sesuai yang terkandung didalam kacang kedelai dan beragam vitamin lainnya. Sehingga minum minuman ini sangat menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Sekarang sudah ada produk dalam bentuk bubuk dan sebagainya. Tinggal Anda memilihnya mau yang mana. Kalau Saya lebih memilih yang alami dan langsung dari si pembuat karena saat ini Theo-Fu Sui banyak dikreasikan oleh masyarakat dengan berbagai rasa terutama rasa buah-buahan. Sehingga sangat cocok jika dijadikan teman bersantai sembari ngemil makanan khas bangka.


*Ralat : Tai Fu Sui = Theo-Fu Sui (Air Tahu)
Pengertian dan ralat tentang theo-fu sui ini didapat dari komentar anonim dibawah postingan ini. Terimakasih sudah memberikan masukan yang mendukung serta pengetahuan supaya kita tidak salah lagi dalam menuliskan kata-kata theo-fu sui atau air tahu ini.

3 komentar:

  1. Wew, ngape jadi Tai (=tinja) Fu Sui)... ? Harusnya kan Theo Fu Sui. Theo-fu = tahu. Sui = air. Jadi artinya "air tahu" atau susu kacang kedele.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas komentar serta masukannya. Akan segera kami ralat. Karena kami terbiasa mendengar orang cina melafalkan theo-fu sui itu dengan tai fu sui, jadi kami kira tulisannya seperti itu. Mohon maaf atas kesalahan ini, dan akan kami ganti dengan segera. Sekali lagi terima kasih atas masukannya, sangat berarti bagi kami. Terutama tujuan kita semua untuk mengenalkan bangka belitung ke kancah dunia. :)

    BalasHapus
  3. Mantap ... buat tugas sekolah nih , makasih banyak ya gan ... :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.