Panorama Alam Pantai Batu Dinding (Aset Wisata Belinyu)

Batu yang menyerupai dinding setinggi 15 meter
Panorama alam yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sudah tidak diragukan lagi. Salah satu panorama alam itu antara lain adalah pantai batu dinding yang berada di Kecamatan Belinyu. Batu Dinding bukanlah batu yang dibuat menjadi tembok atau dinding. Tetapi batu dinding adalah batu pantai yang sangat besar dan menyerupai beton atau dinding. Ukuran batu itu kurang lebih setinggi 15 meter dengan batu-batuan yang lebih kecil lagi disekitarnya. Oleh sebab itu masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Batu Dinding.


Lokasi pantai batu dinding ini bersebelahan dengan Pelabuhan Mantung milik PT. Timah. Tidak jauh juga dari Pelabuhan Belinyu. Jalan menuju aset wisata ini belum lebar dan masih merupakan jalan kecil tak beraspal melewati perkampungan warga. Jalan beralaskan tanah ini sangat parah sekali. Terkesan butuh perjuangan untuk mencapai pantai batu dinding ini (Memang untuk sesuatu yang indah itu harus butuh perjuangan ya). Jika Anda masih baru dan belum pernah ke pantai ini, jangan harap Anda akan menemukan pantai ini jika tidak bertanya pada warga sekitar. Karena tidak ada papan nama ataupun papan petunjuk arah untuk mencapai pantai batu dinding ini. Akan lebih baik lagi jika ingin berkunjung ajak lah teman atau pemandu yang mengenal daerah2 di Belinyu.

Villa Pantai Batu Dinding
Panorama yang disuguhkan oleh pantai batu dinding ini adalah pemandangan pantai dari atas bukit. Anda tidak bisa mandi ataupun berenang di pantai ini dikarenakan tanah dibawah airnya berlumpur. Di atas bukit pantai batu dinding ini terdapat villa kecil yang bisa digunakan untuk bersantai. Anda bisa menikmati indahnya lautan menghampar di depan mata Anda. Tak jauh dari situ terdapat pelabuhan kecil untuk nelayan mencari ikan. Di sana juga Anda bisa membeli ikan yang masih segar yang baru saja di bawa nelayan pulang dari melaut. Di depan pelabuhan kecil itu ada sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni, masyarakat menyebut pulau itu adalah Pulau Punai. Sungguh pemandangan indah yang tak terperi bisa Anda dapatkan disini.


Pemandangan dari Villa Batu Dinding
Pantai batu dinding ini juga sering dijadikan tempat untuk foto-foto prewedding oleh pasangan yang hendak menikah. Disamping itu juga masyarakat dan penduduk disana sering piknik dan menghabiskan waktu santai serta waktu liburannya di pantai ini. Pemandangan yang masih asri dan belum terjamah oleh tangan-tangan kotor ini memberikan nuansa tersendiri bagi pengunjungnya. Namun sayangnya wisata ini tidak terkelola dengan baik. Yah, seperti biasanya hal itu sudah sangat lumrah di Kepulauan Bangka Belitung. Objek wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini kebanyakan tidak terkelola dengan baik. Entah kurang dukungan dari pemerintahnya atau kurang dukungan dari masyarakatnya. Namun di pantai batu dinding ini ada seorang penjaga yang selalu membersihkan area disekitar villa dan pantai. Entah digaji atau tidak penjaga itu, yang pasti itu menunjukkan adanya dukungan dari masyarakat untuk melestarikan objek wisata tersebut.

Dikutip dari BangkaPos.cetak "Diantara sekian banyak pantai yang ada di Belinyu, Pantai Batu Dinding merupakan salah satu pantai yang dikunjungi wisatawan baik domestik maupun manca negara, bahkan baru-baru ini sempat dikunjungi wisatawan dari Amerika Serikat dan Swedia."
Dari kutipan itu jelas bahwa objek wisata pantai batu dinding ini tidak bisa dianggap remeh. Ini sangat berpotensi menjadi aset bagi pendapatan daerah. Semoga ini bukan hanya menjadi perbincangan semata.

Dan beginilah pantai batu dinding dilihat dari berbagai sudut pandang.

Pulau Punai dan Dermaga para nelayan
Pulau Punai (Pulau kecil yang tak berpenghuni)
Batuan yang lebih kecil di seputaran Batu Dinding
Batuan yang lumayan besar di sekitar batu dinding
Villa Pantai Batu Dinding dilihat dari belakang

Siluet Kapal Keruk PT. Timah di Pelabuhan Mantung yang dilihat dari pantai batu dinding

4 komentar:

  1. keren ini pantai
    jadi pengen kesini lagi..hehe

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas komentarnya..
    Udah pernah kesini yah?? Hehehee..
    Kalo ga salah tebak, ini team yg KKN di desa bintet kemaren bukan?? Hehehee..

    BalasHapus
  3. sip mantep.tapi ku blm pernah ke batu dinding, biasanya kalo kebelinyu ke lepar, atau ke tanjung gudang n tanjung putat.

    BalasHapus
  4. Owh begitu.. Coba deh skali-skali kalo ke belinyu maen ke batu dinding nya.. Pasti seru, apalagi bareng temen atau keluarga.. :D

    Emang Ayu asli mana? Sering maen ke Belinyu yah.. :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentar Anda. Komentar, Saran, dan Kritik akan sangat membantu kami menjadi lebih baik. Semua Kritik dan Saran akan diterima dengan senang hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.